Jerome McCarthy telah mengklasifikasikan marketing
stratgi tersebut kepada empat group utama iaitu Product, Price, Place
& Promotion yang merupakan Bauran Pemasaran yang biasa
digunakan oleh pemasar. Bauran ini juga biasa disebut sebagai strategi
pemasaran 4P.
Berikut variabel setiap kompenen marketing Strategi:
Product
|
Price
|
Place
|
Promotion
|
- Variety
- Quality
- Design
- Features
- Brand name
- Packaging
- Sizes
- Service/support
- Returns/benefits
- Warranties
|
- List price
- Discounts
- Allowances
- Payment period
- Credit terms
|
- Channel
- Coverage
- Assortments
- Location
- Inventory
- Logistics
- Service level
|
- Sale promotion
- Advertisement
- Personal selling
- Public relations
- Message
- Media
- Budget
|
Produk
Penerapan variabel-variabel dalam product tidak mesti semuanya harus ada,
tergantung sigmentasi dan fokus perusahaan. Dalam merancang Produk harus dengan
baik, karena dalam produk adalah alat dalam mengahasilkan pendapatan. Ada 2 hal
yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan Produk Segmentasi &
Tujuan Pasar. Berkenaan dengan Segmentasi ialah siapa konsemen
yang akan dituju? sedangkan Tujuan Pasar dipasar
manakah Produk akan dijual, hal ini akan melalu petimbangan yaitu: 1). Akses
Distribusi, 2). Pola konsumsi (bentuk), 3). daya saing, 4) Permintaan.
(Penjelasan ricinya)
Setalah melalui pertimbangan tersebut maka selanjutnya merinci
variabel-variabel dari Produk. Penentuan Produk harus
dianalisis terkait penerimaan pasar, produk saingan, dll. Inovasi dalam Produk
perlu dilakukan sebagai nilai tambah (Value Added) dan pengkhususan dari
perusahaan untuk mempertahankan Produk.
Price
Terkadang harga adalah sebagai lambang kualitas Produk, namun ini tidak
selamanya berlaku. Strategi penetapan harga sangat penting karena sebagai
faktor peranan dalam mempengaruhi pengguna dan menjadi konsumen tetap.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga terbagi menjadi dua Faktor
yaitu: Faktor Internal dan Faktor Eksternal:
Faktor Internal:
1.
Sasaran pemasaran
2.
Strategi bauran pemasaran
3.
Biaya (biaya Produksi (jika ada), biaya Penjualan, biaya adm
& umum, dll)
4.
Pertimbangan organisasi
Faktor Ekstern:Penjelasan selengkapnya: (Masih proses)
- Sifat pasar dan permintaan
- Pesaing
- Faktor lingkungan
Place
Inti dari Place ialah bagaimana produk perusahan bisa terdistribusikan/tersalurkan kepada konsumen. Penentuan ini juga harus melihat segmentasi dan tujuan pasar produk. Tujuan dari penetapan strategi palce ialah:
1. Konsumen/Reseller
mudah mendapatkan produk
2. Produk dan Brand dapat dikenal
3. Mampu menjangkau
pasar yang luas
4. Biaya distribusi
lebih efesien
Setelah itu merinci dari variabel Place.
Penjelasan selengkapnya: (Masih proses)Promotion
Promosi adalah proses pengenalan Produk sampai dengan pembelian dan mempertahankan produk. Inti dari promosi adalah:
1. Mengenalkan brand
produk perusahaan kepada masyarakat Umum
2. Mendapatkan
konsumen
3. Meningkatkan
penjualan
4. Mempertahankan
konsumen untuk menyanjadi konsumen tetap dan loyal
Penjelasan selengkapnya: (Masih proses)
0 komentar:
Posting Komentar